Senin, 27 November 2017

hei kau KKNI cinta pertamaku...

                Hai.. aku mau berbagi cerita nih… iya cerita seputar pertama masuk kampus UNIMED hingga aku memilih jurusan yang sungguh aku minati , mmm apa yaaa (coba tebakk) yesss that’s right pendidikan bahasa Indonesia hingga aku mengenal cinta pertama (maaf alay dikit) yaitu KKNI (kerangka kulalifikasi nasional Indoensia) yang mungkin cinta pertama aku ini menjadi cinta pertama banyak orang yang menimba ilmu di kampus UNIMED terkhusus stambuk 2017
                Okee langsung aja ya guys aku berasal dari salah satu SMA yang ada di Tanah Karo Simalem, hayoo coba tebak… yaa betul sekali SMAN 1 Kabanjahe, itu lo sekolah yang berhasil meraih predikat sekolah paling jujur sebagai salah satu sekolah penyelenggra UN di Kabupaten Karo. Udah kebayangkan gimana siswa-siswa yang berasal dari sekolah tersebut (mm ada manis manisnya gituu)
                Sewaktu kelas XII SMA aku pengennnn banget masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) biar langsung dapat kerjaa punya gaji banyakk dan ujungnya bisa hidup makmur, nah jadi ada something yang buat niat aku nggak jadi masuk STAN, okee aku juga pernah niat mau masuk HI (Hubungan Internasiona) iyaa yang jurusannya keren banget itu lo, yang bisa jadi duta Negara, mewakili Negara Indoensia dan blab bla blaa, makan siang di Amerika dan dinnernya di Slandia Baruu (anganmu terlalu tinggi nak wkwk), yap  dengan alasan yang sama ada something yang buat aku nggak jadi masuk jurusan tersebut.
                Nah… aku mikir jadi aku mau masuk apa yaa… di didukung dengan motivasi orang tua dan gambaran yang diberikan maka aku memilih menjadi seorang guru (yeey), begitulah dia aku harus melepas pujaan hatiku dan berpaling kepada belahan jiwaku (sabar! Ini ujian) dan sungguh Tuhan itu baik, dia mempertemukan aku dengan belahan jiwaku yang mungkin sudah aku doakan sejak kecil yaitu bisa masuk jurusan pendidikan bahasa Indonesia di kampus UNIMED
                Seperti orang tak sadarkan diri yaa begitulah yang aku rasakan ketika aku tau bahwa aku lulus di kampus UNIMED dan bertemu dengan belahan jiwaku yaitu Pendidikan Bahasa Indoensia, kali pertama aku menginjakkan kaki ke Fakultasku aku mencari dimana ruang kelasku yap ruang kelas yang akan kududuki setiap hari, seketika aku sadar bahwa aku bukan anak SMA lagi yang duduk setiap hari dengan tempat dan bangku yang sama (wkwkw masih polos) aku tersenyum dan mengusap dada “sudah mahasiswa” dalam benakku berbisik
                Permainan pun dimulai dan disini kali pertama aku mendengar kata KKNI ya menurut aku sih biasa aja karena pada saat itu rasa penasaran pun belum muncul sama sekali, nah beberapa hari setelah hari pertama kuliah aku semangat bahkan sangat semangat (casnya full bro 100%), dan disini aku mendapat beberapa kesulitan pada saat pertama kali kuliah yaitu yang pertama status siswa ke mahasiswa yaa begitu lah ada perasaan yang mengatakan bahwa dini ini harus semakin dewasa (eakkk), kedua yaitu yang biasa guru mengajar di depan kelas ini malah dosen (jeng jeng jeng jantung berdebar kecang) ya maklumlah kali pertama duduk di depan pak Prof yang ketiga yaitu yang biasanya memakai putih abu abu ini udah putih hitam, yaa karena peraturan dari kampus juga gitu dan yang keempat yaitu jam masuk kuliah ngak sama seperti masuk sekolah di waktu SMA (agak terkejut batin ini wkwk).
                Setelah beberapa kali dosen masuk dan menerangkan yang namanya KKNI aku semakin penasaran dan sudah tak sabar untuk mengerjakan 6 tugas wajib, yaitu: CBR (critical book report),CJR (critical jurnal review), Mini Riset, Rekayasa Ide dan Projek , 2 minggu masuk kampus aku sudah ingin sekali mengerjakan CBR hanya saja tidak ada yang bisa menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya ok fix aku lanjut ke pembuatan makalah yang diamana aku tidak memiliki kesulitan dalam membuat makalah karena ada mbah google yang selalu setia menolong dimana pun dan kapan pun aku meminta pertolongan (kamu puitis yaaa) aku membuat makalah + power point memakan waktu 2 jam , setelah itu aku mempelajari cara membuat CBR, wahhh luarbisa yaa pada saat itu perpustakaan merupakan tempat yang paling sering aku kunjungi guna mencari refrensi buku, pada fase ini aku sudah merasakan bagaimana kedalaman cinta KKNI padaku yaa dan aku juga semakin terpesona dengan cinta yang ia berikan, pada saat itu aku memakan waktu berhari-hari demi meneyelesaikan CBR dari salah satu mata kuliahku, setelah aku mampu terpesona dengan CBR maka CJR juga tidak mau kalah guna menarik simpatiku ohh aku semakin terbawa arus cinta ini, oh KKNI pada saat itu aku sudah sangat lancar mengerjakan makalah karena keuletanku dalam mengerjakan CBR dan CJR maka tangan ini juga semakin terlatih untuk semakin cepat mengetik  maka dari itu makalah hanya memakan waktu 30 menit dalam pembuatanya, setelah CJR menarik simpatiku maka Mini riset juga menunjukkan jati dirinya hingga aku harus ke sekolah-sekolah guna menyelesaikan tugas ini, tak berhenti sampai disitu aku juga tidak akan lupa dengan bagian dari cinta pertamaku yaitu Rekayasa ide, nah dari namanya saja kamu juga sudah paham apa artinya ini seketika otakku menjadi linglung dan mengingat masa dimana aku UN kemarin, sangat menguras pikiran dalam pembuatan tugas ini karena ide kitalah yang di perlukan dalam pembuatan tugas ini, dan yang terakhir adalah projek  mmm mungkin sudah sangat terbayangkan bagaiamana tugas ini bisa selesai (meskipun proposal demi salah satu tugas mata kuliah sudah ditolak 3 kali tapi tetap tersenyum) intinya tugas ini sangat bisa dinikmati kenikmatannya wkwkw
Jadi pelajaran yang bisa kita ambil dari sini adalah
1. tetap semangat dalam menjalani kuliah kita, karena seberat apapun tugas kuliah itu tidak mengalahkan berat dari beban orang tua kita dalam biaya kuliah kita
2.  Tetap optimis dalam pilihan, jangan pernah merasa bahwa ini ini sangat sulit tetapi anggaplah ini langkah awal guna meniti masa depan yang cerah
3. Tetap lakukan yang terbaik, kerjakan bagianmu dan doakan yang sudah kau kerjakan dengan demikian Tuhan sendiri yang akan membantumu dalam kesulitanmu
4.  Lakukanlah semua bagianmu dengan ikhlas karena itu akan membuat pekerjaanmu semakin mudah di lakukan
                Oke guys sekian cerita dari aku yang tak seberapa ini mungkin bisa menghibur dan Memberikan gambaran bagaimana KKNI (cinta pertamaku) diterapkan di kampus UNIMED dan tetap menjadi mahasiswa/mahasiswi yang berprestasi dan mempunyai semangat yang tinggi. Terimakasihh
#salambahasa
#salambudaya

 



3 komentar: